Warga Midai dan Serasan Dambakan Bank



Midai--Warga masyarakat Midai dan Kecamatan Serasan kabupaten Natuna mendambakan berdirinya bank di daerah mereka. Keinginan tersebut disampaikan masyarakat kepada Gubernur Kepri Muhammad Sani saat orang nomor satu itu melakukan kunjungan kerja di kedua dari empat kecamatan yang disinggahi Sani dan rombongan akhir pekan lalu.

Luas pulau Midai ± 18 km dan dapat di kelilingi dengan berjalan kaki atau kendaraan bermotor. Pulau Midai merupakan salah satu wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Natuna. Seperti masyarakat Natuna pada umumnya, mata pencarian masyarakat di sana adalah menjadi Nelayan, berdagang dan berkebun.

Pulau yang di kelilingi Laut China Selatan ini hanya memiliki pelabuhan kecil yang hanya bisa di singgahi kapal perintis. Untuk Kapal-kapal besar seperti KM. Bukit Raya yang melayani rute pelayaran di Kabupaten Natuna tidak bisa merapat menyebabkan kapal harus berlabuh agak jauh ke tengah Laut untuk menunggu penumpang yang datang dengan pompong-pompong kecil.

Kedatangan Gubernur Kepri Muhammad Sani dan rombongan ke Midai dan Serasan di kabupaten Natuna benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat di daerah itu untuk menyampaikan uneg-uneg dan harapan terhadap pemerintah provinsi Kepri.

Saat bertatap muka dengan warga masyarakat Midai di gedung serbaguna, Midai dan di Serasan, secara spontan masyarakat meminta agar pemerintah provinsi Kepri dapat memfasilitasi agar berdirinya bank di daerah mereka.

Masukan dan harapan agar di kedua kecamatan ini berdiri bank bukan tanpa alasan. Selain faktor ekonomi yang terus membaik, terutama saat panen cengkeh, juga disebabkan agar mudahnya masyarakat melakukan transaksi khususnya mengirim uang kepada keluarga yang kebetulan sekolah ke luar provinsi.

Menanggapi permintaan dan harapan masyarakat di kedua kecamatan itu, Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani menyatakan akan memperhatikannya secara sungguh-sungguh. Sani pun berpendapat berdirinya bank di kecuali kecamatan itu sudah layak dan wajar.

Disebutkan mantan Bupati Karimun itu, sejak pemerintah provinsi
menempatkan dananya di bank riau kepri, tidak akan menemui banyak
kendala bila pemerintah Kepri mengusulkan agar di kedua kecamatan itu
didirikan bank riau kepri, ujarnya.

Hadir dalam kunjungan kerja Gubernur Kepri di empat kecamatan di Natuna itu diantaranya Ketua DPRD Kepri Ir H M Nur Syafriadi, Bupati Natuna Drs H Ilyas Sabli, Ketua DPRD Natuna Hadi Chandra, Anggota DPRD Kepri Dapil Natuna-Anambas Drs H Sofyan Samsir (Fraksi Golkar), Wan Norman Edi (Fraksi Demokrat) dan Fahmi Fikri (Fraksi PAN).



Pulau Midai terkenal dengan penghasil kopra sejak zaman Kesultanan Riau Tahun 1886, selain itu Midai juga memiliki catatan sejarah memiliki Koperasi Tertua di Indonesia, yaitu Koperasi Ahmadi & Co oleh Bung Hatta di nyatakan sebagai Koperasi yang tertua di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia