Potensi Wisata Dapat Menunjang Peningkatan Ekonomi




sumber:www.Detikkepri.com

laporan:Rikyrinovsky

NATUNA – Potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Natuna dinilai dapat menunjang peningkatan ekonomi masyarakat. Hal ini mengingat banyaknya potensi pariwisata di Kabupaten Natuna yang memiliki nilai jual tinggi.



“Namun sangat disayangkan, sampai saat ini, potensi wisata tersebut belum terekspos secara baik. Dibutuhkan kepedulian dari para stakeholder yang bergerak dibidang pariwisata dan pihak terkait guna mengoptimalkan pengembangan potensi wisata yang ada,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Drs.Ilyas Sabli, M.Si pada acara pembukaan Seminar Pra Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPDA) Kabupaten Natuna, Selasa (10/8) di Aula Kantor Bupati Natuna.

Dijelaskan, sudah saatnya potensi pariwisata Kabupaten Natuna dikembangkan secara benar dan terprogram secara baik. Dengan demikian, potensi wisata tersebut benar-benar mampu menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

Kata Ilyas, pada pelaksanaan pengembangan pariwisata, hendaknya berbagai jenis potensi pariwisata dapat dikemas secara seimbang. Jangan hanya wisata keindahan alam saja, melainkan juga hal-hal lain yang memiliki nilai khas Kabupaten Natuna seperti wisata kuliner. Termasuk potensi hutan Natuna yang dapat dijadikan lokasi wisata berburu dan lain sebagainya.

Menurut Ilyas, untuk mendukung pengembangan wisata Natuna tersebut perlu pengembangan sarana dan prasarana pendukung seperti listrik, transportasi, air dan sebagainya yang semuanya harus dibenahi. Selain itu, perlunya perubahan paradigma masyarakat agar kemudian tidak terjadi benturan baik secara sosial dan agama dalam perjalanan pengembangan wisata tersebut.

“Akan tetapi nilai-nilai keagamaan pun jangan pernah ditinggalkan agar dapat menjadi filter bagi bagi pengaruh negatif modernisasi dan globalisasi. Rasa aman yang ditimbulkan dari situasi yang kondusif juga menjadi salah satu faktor pendukung maju dan berkembangannya dunia wisata di suatu daerah,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata, Drs.H.Syamsul Hilal menyatakan bahwa Seminar Pra Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah merupakan wadah bagi setiap instansi terkait untuk mengemukakan saran dan pendapat sebelum tim ekspedisi secara langsung turun ke lapangan untuk memantau kelayakan daerah atau objek yang akan dijadikan potensi wisata. Termasuk untuk menentukan hambatan yang dimiliki tiap objek yang ditemukan.

Sementara itu, Ketua Tim Leader Consultan, Deni Herianto mengatakan bahwa banyak pendapat yang dikemukakan oleh berbagai pihak yang pernah datang dan melihat langsung kondisi alam Natuna bahwa alamnya sangat indah. Tetapi sayang, hal tersebut belum tertata secara baik sehingga tidak dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan perekonomian daerah.

Adapun tujuan dari RIPDA, ungkap Deni, agar dapat menjadi arah pengembangan pariwisata dan menjadi pedoman utama bagi stackeholder pariwisata Kabupaten Natuna termasuk pemerintah Provinsi yang mengakomodasi setiap isu-isu yang berkembang secara sinergi. (Riky R)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia