SMA 1 Bunguran Timur Juara Debat Bahasa inggris


Sebanyak 11 sekolah tingka SLTA se Kabupaten Natuna mengikuti lomba debat bahasa Inggris di Natuna Hotel, Selasa 1-11-2011. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna ini bertujuan untuk memperlancar siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris mengasah kemampuan siswa.


Pada lomba tersebut, SMU I Bunguran Timur meraih juara I, Juara II diraih SMU I Bunguran Barat, juara III diraih SMU 2 Bunguran Timur.

Sedangkan juara harapan diraih SMU I Subi. Selanjutnya utuk debat  personal (perorangan) terbaik diraih Nila Wati, siswa SMU Bunguran Timur Laut dan terbaik ke 2 diraih oleh Mahesa dari SMU I Bunguran Timur.


Peserta  yang bertanding di hari pertama banyak yang tersisih.  Mereka adalah SMU Bunguran Utara, Bunguran Barat, Pulau Laut, Pulau tiga dan SMU  Midai, pada hari ke dua topik yang di perdebatkan adalah penggunaan Hp di sekolah yang di ikuti oleh 6 sekolah dari yang tersisa di hari pertama perlombaan.

Memasuki era globalisasi atau yang lebih dikenal dengan pasar bebas menuntut setiap individu untuk mempersiapkan sumber daya yang handal terutama di bidang IPTEK.

Agar dapat menguasai teknologi dengan baik diperlukan pengetahuan yang memadai sehingga kita dapat memanfaatkannya dalam menghadapi tuntutan dunia global yang syarat dengan persaingan.Ujar bupati natuna  dijumpai wartawan pekan lalu.
“Dalam hal ini peranan bahasa Inggris sangat diperlukan baik dalam menguasai teknologi komunikasi maupun dalam berinteraksi secara langsung. Sebagai sarana komunikasi global, bahasa Inggris harus dikuasai secara aktif baik lisan maupun tulisan,”kata Ilyas.
 Tidaklah mustahil perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut kita untuk lebih proaktif dalam menanggapi arus informasi global sebagai aset dalam memenuhi kebutuhan pasar.
Sebagai bahasa pergaulan dunia bahasa Inggris bukan hanya sebagai kebutuhan akademis karena penguasaannya hanya terbatas pada aspek pengetahuan bahasa melainkan sebagai media komunikasi global sehingga anak didik natuna mempu serta menguasai bahasa Inggris.Imbuhnya.




sementara Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Natuan Tukino mengatakan bahwa tujuan perlombaan  adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan para siswa  dalam memehami dan memperlancar percakapan berbahasa Inggris.


Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang diharapkan kedepannya pemuda pemudi khususnya siswa dan siswi di kabupaten Natuna bisa berbahasa inggris  dengan lancar.


Dikatakan debat siswa ini di adakan adalah untuk mengirim duta-duta Siswa sekolah menengah kabupaten Natuna untuk bisa berkompetisi dengan siswa siswa dari tingkat provinsi dan Nasional."kegiatan ini di selenggarakan selama dua hari terhitung sejak hari senin-selasa tanggal 2 November 2011" jelasnya, kemarin.


Melalui lomba debat bahasa inggris tersebut, pemerintah berharap kedepan pelajar di Natuna bisa lebih paham tentang bahasa Inggris. " Terutama pihak sekolah yang menjadi promotor pertama supaya siswa bisa lancar berbahasa Inggris," pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia