Bupati Optimis bisa mencapai swasembada pangan




Kepri Times-Bupati Natuna Daeng Rusnadi dan seluruh unsur muspida melaksanakan panen raya di Desa Air Lengit, Bunguran Tengah, Natuna, Senin (27/7). Panen dilaksanakan di sawah seluas 12 hektare yang dikelola Kelompok Tani Suka Makmur yang beranggotakan seluruh masyarakat Desa Air Lengit Bunguran Tengah Natuna.

Bupati Natuna dalam sambutannya mengatakan, panen raya ini adalah salah satu program peningkatan ketahanan pangan daerah menuju Natuna Mas 2020 yang dianggarkan melalui pemerintahan pusat.

”Saya mewakili pemerintah daerah merasa bangga dengan panen raya ini. Meskipun belum ada irigasi, masyarakat bisa menciptakan karya gemilang, meskipun kita akui belum sempurna,” ujarnya.
Daeng menambahkan, pemerintah mendukung program seperti ini. Paling tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok seperti beras untuk daerah sendiri.

Wasno, salah seorang petani sawah memberikan respons positif atas terobosan yang dilakukan Bupati Natuna itu. Memang saat ini katanya, kendala yang dihadapi petani sawah di desanya, adalah masalah irigasi, kekurangan traktor Alt pompa air dan mesin perontok padi. “Kami patut berterimah kasih atas perhatian Bupati Natuna terhadap petani sawah di desa Air lengit cukup maksimal. Kami akan berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan bantuan itu nanti, bagi pengembangan produksi pada kami,” kata Wasno.


Senada dikatakan Dinas pertanian rencananya kita dapat mengoptimalkan lahan seluas 300 hektar yang telah dianggarkan dari APBN. Lahan itu terdapat di Kecamatan Bunguran Barat dan Kecamatan Bunguran Tengah. Dua kecamatan itu dijadikan sentra lahan pertanian untuk tanaman padi.

dinas pertanian berjanji akan berusaha untuk mencapai target pertanian . Berbagai usaha seperti penyiapan lahan pertanian produktif dan pelatihan bagi tenaga statistik di lapangan akan segera dilakukan,’’ kata Kadis Pertanian Kabupaten Natuna, Burhanuddin.

Untuk permulaan tahun ini, Dinas Pertanian Natuna akan mengoptimalkan 20 hektar lahan padi baru di Kecamatan Pulau Laut. Lahan itu, rencananya akan ditanami padi jenis R32.

"Untuk lima kecamatan, nantinya akan disumbangkan lima unit mesin traktor kepada petani. Targetnya mereka bisa merubah lahan tidur menjadi lahan pertanian produktif," terang Burhanuddin.

Pemberian bantuan traktor itu, imbuh Burhanuddin, akan dialoksikan untuk Kecamatan Bunguran Tengah, Bunguran Barat, Pulau Laut, Serasan, Midai dan Bunguran Timur. "Dananya dilalokasikan dari APBN 2009," terang Burhanuddin menyakinkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia