Pemilu Perdana Kabupaten Pemekaran Anambas


laporan:Rikyrinovsky




Kabarinonesia-Berapa Minggu lagi, tepatnya di bulan juni 2010, genderang pesta demokrasi tingkat kabupaten/kota akan digelar serentak di empat daerah di Kepulauan Riau. kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Lingga, Anambas, Propinsi Kepri.

Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan gawai besar yang menjadi instrumen nyata pelaksanaan asas demokrasi di tanah air. Untuk itu, seluruh komponen masyarakat maupun para pendukung pelaksanaan pemilu memiliki beban moral yang sama dalam upaya menyukseskan pelaksanaan Pemilu yang akan diselenggarakan tidak berapa lama lagi.

Terutama kepada para pelaku pemilu baik Pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), aparatur keamanan terpadu (kepolisian) dan parpol serta seluruh komponen pendukung hendaknya saling menjaga stabilitas ketahanan nasional.

Aroma pesta demokrasi tersebut semakin hari semakin menggema. Mulai dengan bertaburannya sepanduk, poling sms yang selalu menghiasi media massa sampai dengan orasi politik (kampanye) akan menggema. Intinya adalah, publikasi terhadap calon pemimpin masa depan di Tiga wilayah tersebut.

Lima Pasangan calon Bupati yang akan merebut hati masyarakat Anambas salah satu yang mendominasi saat ini adalah.Jargon Tuah berbangsa pasangan Tengku Muktaruddin dan Abdul haris ikut mewarnai pesta pemilu perdana di Kabupaten baru buah dari pemekaran Kab Natuna.

Pasangan yang diusung dengan Perahu Dukungan PAN PPP Anggka Keramat pasangan Calon Tengku –Haris yakni nomor Urut Tiga yang akan membawa pasangan tersebut melaju serta optimis mendapat dukungan penuh Rakyat Anambas.


Agar masyarakat memberikan suaranya pada calon yang ada, maka berbagai pendekatan dilakukan, baik oleh pasangan calon maupun tim sukses masing-masing calon. Secara ekonomis, biaya publikasi yang dilakukan sungguh tidak sedikit. Tatkala biaya tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat, akan lebih banyak manfaatnya.



Menelik dari buah dari Pembentukan kabupaten Anambas didasari oleh Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008 pemekaran Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA)Anabas yang beribukota di Tarempa merupakan hasil pemekaran kabupaten Natuna. baru saja lahir setelah DPR RI bersama pemerintah mengesahkan UU pembentukan KKA pada 24 juni 2008 lalu melalui sidang pripurna DPR-RI ke-4 tahun 2007-2008. Anambas yang memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah diprediksi akan menjadi kabupaten terkaya di Provinsi Kepri.


Sebelum KKA terbentuk Anambas merupakan salah satu dari tiga gugusan kepulauan yang ada di Kabupaten Natuna, yakni gugusan kepulauan Anambas yang terdiri dari Siantan dan Jemaja, gugusan kepulauan Natuna yang terdiri dari Pulau Sedanau, Pulau Bunguran, Pulau Midai dan Pulau Laut serta gugusan Kepulauan Serasan yang terdiri dari Pulau Serasan, Pulau Subi Kecil dan Subi Besar.


Posisi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Anambas yang dipegang oleh Drs H Tengku Muktaruddin menggantarkan Kab Anambas kian melaju secara konsisten pertumbuhan sector Ekonomi Kian Melaju pesat kini ia memberanikan diri untuk meraih posisi puncak sebagai Bupati di kab Anambas.


Drs.H.Tengku Muktaruddin yang berpasangan langsung dengan Anak Muda kelahiran Anambas Abdul haris SH. Kedua orang tersebut menerangkan tentang seseorang pribadi yang luhur yang akan selalu menyatakan keluhurannya sebagai karakteristik diri sang Rising Star Perubahan Anambas Kelak .Ujar Iwan Prayoga Tokoh Masyarakat Anambas sekaligus Ketua KKSS(kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ) kab Anambas kepada Hoki Pekan lalu di Anambas.


Dari Kaca mata politik Iwan prayoga ,bahwa apa yang diinginkan masyarakat Anmabas yakni suatu hari nanti ada terjadi perubahaan dari banyak segi. Baik, pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, infrastruktur dan bahkan industri pertambangan yang akan memberikan masa depan yang cerah bagi pasangan Muktaruddin-Haris dan masyarakatnya.

Bahwa daerah pemekeran membutuhkan figur yang berjiwa membangun, bukan yang berjiwa pecundang, bahkan terlebih koruptor semoga Ke lima pasangan yang bertarung memperebutkan posisi Anambas 1 hendaknya memiliki jiwa kerakyatan dan komitmen mebangun Negeri secara menyeluruh. Pinta Iwan.


Sebab adanya pemekaran daerah khususnya hadirnya Kabupaten Anambas adalah aspirasi benar dari masyarakat akar rumput yang didasari pada rasa ketidakpuasan atas berbagai kesenjangan pembangunan, seperti kesenjangan wilayah, pendapatan, kesempatan kerja, kesempatan memperoleh pendidikan, kesehatan dan lain-lainnya.


"Sehingga untuk meningkatkan pastisipasi dan menjawab semua persoalan tersebut, perlu adanya terobosan baru melalui suatu kebijakan khusus, antara lain melalui pembentukan satuan administrasi pemerintah baru, terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal. Tetapi perlu juga di ingat bahwa bagaimana caranya yang tepat.Sebab untuk merubah kesenjangan pembangunan sangatlah di butuhkan Figur yang takut akan Tuhan, berjiwa besar dan benar-benar seorang Figur yang ingin mau merubah kesenjangan pembangunan kearah yang lebih baik, dan sebaliknya bukan figur yang suka melakukan Korupsi Kolusi dan Nepotisme,".Tukasnya.


Lebih jauh Dikatakan Iwan, Pemimpinan yang ideal bukan olah karbitan, akan tetapi terbangun dari proses yang panjang. Pemimpin yang ideal matang secara natural, bukan dimatangkan secara paksa. Pemimpin yang demikian akan tergambar dari kesantunan politik yang dibangun dan profesionalitas kerja yang ditunjukkan.

Terlepas dari berbagai analisa yang ada, pesta demokrasi sesungguhnya bertujuan agar terpilihnya sosok pemimpin yang memihak pada rakyat, bukan berpihak pada kepentingan pribadi dan kelompok tertentu saja, sehingga dinasti kolusi dan korupsi berkelanjutan.

Sebab, pesta demokrasi yang akan dilangsungkan akan menghabiskan biaya yang tak sedikit jumlahnya. Untuk itu, dana yang demikian besar jumlahnya harus seimbang dengan terpilihnya sosok pemimpin yang ideal dan mampu membangun masyarakat yang sejahtera.pungkasnya.



KKA memiliki tujuh kecamatan, diantaranya Siantan, Siantan Timur, Siantan selatan, Jemaja, Jemaja Timur,Terempa dan Palmatak. Sedangkan populasi penduduk secara keseluruhan berjumlah lebih kurang 41.000 jiwa yang tersebar pada puluhan pulau besar dan kecil yang ada di Kepulauan Anambas.

Sebagai wilayah kelautan, Kepulauan Anambas dikenal memiliki kekayaan laut yang sangat berlimpah, laut Anambas juga dikenal memiliki berbagai jenis ikan yang berkualitas eksport, seperti ikan kerapu, ikan napoleon, Ttripang, udang lobster dan lainnya.
Saat ini, cadangan migas yang ada di Kepulauan Anambas dikelola oleh tiga perusahaan konsorsium, diantaranya Chonoco philips (USA), Primeir oil (Inggris) dan Star Energi (Pertamina- Indonesia).



Hal senada juga Dikatakan Nasrul Tokoh anak Pemuda Anambas mengutarakan pandangan ,

"Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu merangkul seluruh energi yang ada, sehingga keempat pilar tersebut harus bersinergi dalam kebersamaan membangun negeri. Tatkala salah satu pilar tersebut ditinggalkan hanya karena kepentingan politik dan kepentingan golongan tertentu, maka kepemimpinan akan sulit mencapai matlamat untuk membangun negeri apakah dia orang luar dari tempatan asalkan memiliki Komitmen membangun Negeri kenapa tidak diberi semangat dan kesempatan berbenah khusunya di kabupaten Yang baru lahir ini Anambas dan perdana menyelengarakan Pemilu ,"Tutur Nasrul.




Lebih lajut dikatakan Nasrul kepada Hoki berapa waktu lalu di Anmbas.

"sosok Tengku -Abdulharis dua karakter mampu membangun Anambas dan saya yakin bisa menjaga amanat rakyat yang memenuhi janji dan teruji pasangan tersebut dapat tempat kehormatan ke Masayarakat terbukti tiap kali kunjungan ke pulau pulau Pasangan Nomor Urut Tiga Ini selalu disambut hangat serta antusias warga bahkan pasangan tersebut acap kali dikalungkan lingkaran bungga serta kompang dan tarian asal Anambas,”katanya.


Sosok Tengku Muktaruddin seorang Birokrasi Murni Tiga Puluh tahun mengabdi Di pemerintahan telah melang buna jabatan di yang diamanahkan sudah selayaknya Ilmu yang diperoleh dalam membangun pemerintahan segera diterapkan Di Anambas Murni Aspirasi Rakyat bukan mengumbar seseorang pemimpin, maka ambillah ia sebagai pemimpin. Untuk itu, rakyat harus bijak dan jangan ingin diperbudak semoga pencerahan dari pasangan calon Nomor urut 3 ini bisa mengatarkan kab Anambas daerah yang mandiri,"Ujarnya.


Tumbuhan yang akan menghasilkan gizi yang baik atau racun yang mematikan. Sebab, yang akan memakan tumbuhan tersebut adalah mereka dan anak cucu mereka. Atau, seorang pemimpin layaknya seorang nakhoda.


Bila sang pemimpin adalah nakhoda yang profesional dan amanah, maka perahu beserta seluruh penumpang akan sampai pada tujuan dengan selamat. Akan tetapi, tatkala nakhoda merupakan sosok yang tak profesional dan tak amanah, maka perahu beserta seluruh penumpang akan karam ditelan gelombang laut kepentingan.



Semua elemen masyarakat pemilih sudah saatnya cerdas dan bertanggung jawab atas apa yang akan dipilih. Pemilih yang cerdas adalah pemilih yang mempertimbangkan sosok yang dipilih secara cermat dan matang, bukan karena isme yang terkadang menutup pintu hati yang berakhir pada penyesalan.Pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia