Air PDAM Kering, Warga Resah


sumber:www.detikkepri.com
laporan:Rikyrinovsky

NATUNA – Aliran Antelk PDAM Tirta Nusa hanya menghandalkan air Hujan saat musim kemarau air kering celakanya pihak PDAM tidak ada solusi untuk mengatasi kebutuhan fital masyarakat di Natuna. Keringnya air PDAM Naruna membuat warga Batu Ampar, Bandarsyah dan hampir seluruh wilayan Ranai, Natuna menjadi resah. Pasalnya, keringnya air PDAM ini telah berlangsung sejak sebulan lalu.



Menurut salah seorang warga, Ny.Dila, macetnya air PAM sudah macet akhir Maret lalu. Warga sendiri telah mendesak pihak PDAM untuk mengalirkan air. Hanya, saja PDAM tidak bisa merealisasikan permintaan tersebut.

“Akibatnya, kita sebagai pelanggan harus mengungsi ke tempat lain untuk mandi, mencuci dan keperluan lainnya,” ungkap Ny.Dila.

Ia mengaku tidak mengetaui penyebab macetnya air PDAM mengalir ke pelanggan. Yang jelas macetnya air PDAM telah meresahkanm.

Ny.Sari, warga lainnya mengaku heran akan macetnya air PDAM Natuna tersebut. Apalagi, pemerintahan telah menggangarkan dana untuk operasional untuk PDAM.

“Kita terpaksa menggunakan air mineral untuk keperluan sehari-hari. Paling untuk mencuci pakaian, baru menumpang di tempat keluarga.

Direktur Umum PDAM Natuna, Adi Candra menjawab detkkepri.com, mengakui adanya kemacetan air PDAM ke pelanggan di beberapa tempat. Untuk itu, sebagai solusi PDAM dialirkan dengan sistem bergilir.

"Mungkin sebentar lagi air akan mengalir kembali, hanya saja masih dalam sistem gilir. Saat ini pengaliran secara giliran sedang dijadwal,” ucap Adi.

Dijelaskan. Penyebab macet air PDAM karena adanya kerusakan pipa dan minimnya debit air yang ada di Antelk. Kalau dalam kondisi normal dan tidak ada kerusakan pipa, air mengalir dengan 100 liter/detik.

“Kalau saat ini akibat debit yang menyusut dan adanya kerusakan, kemampuan air hanya 50 liter/detik," terang Adi.

Terpisah, aliansi AMAK, menuding Pemkab dan DPRD tidak serius menyikapi krisis air PDAM. Padahal, sebelumnya masyarakat telah melakukan aksi demo terkait dengan kondisi PDAM Natuna. Riky R

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia