Nelayan Natuna Belum Terima Pompong Bantuan DKP



sumber:www.Detikkepri.com
laporan:Rikyrinovsky

NATUNA – Nelayan Kabupaten Natuna hingga kini belum juga menerima pompong bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Kepri. Padahal, bantuan tersebut secara simbolis telah diserahkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Rabu (13/1) lalu di pantai Pinang Marina, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.



Belum diterimanya kapal tangkap ikan yang merupakan bantuan pemerintah bagi para nelayan tradisional tersebut, karena memang masih dalam tahap pembuatan oleh pihak PT. Sepandang Harapan selaku pemenang tender proyek APBD Kepri tahun 2009 senilai Rp.4,8 Miliar tersebut. Sayangnya, entah kapal bantuan yang menjadi idaman para nelayan tersebut dapat direalisasikan.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Natuna, Drs.H. Izwar Asfawi yang dikonfirmasi mengaku tidak dapat memberikan penjelasan secara detail. Hanya saja, ia meminta bertemu untuk bersama-sama menanyakan langsung kepada pihak kontraktor yang mengerjakan pengadaan kapal tangkap ikan untuk nelayan itu.


Sementara itu, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) proyek tersebut, Sudeswan menjelaskan bahwa pengadaan kapal pompong bantuan DKP Kepri tersebut berjumlah 95 unit. Rinciannya 65 unit kapal ukuran 5 Gross Tone (GT) dan 30 unit kapal ukuran 2 GT. Sedangkan total pagu dana dalam APBD Kepri 2009 mencapai Rp.5.010.000.000,-.


Menurut Sudeswan, pengadaan yang dimenangkan PT.Sepandang Harapan, pelaksanaannya hanya 73 unit dengan rincian 44 unit ukuran 5 GT dan 29 unit ukuran 2 GT. Karena itu, pembayaran yang dilakukan DKP Kepri juga hanya berkisar 76 persen dari nilai kontrak.


Anehnya, terhadap kinerja kontraktor tersebut Sudeswan selaku KPA tidak memberikan sanksi tegas. Alasannya, kontraktor juga menerima dana sebesar yang dikerjakannya. Selain itu, kontraktor juga mengaku rugi karena sisa kontrak yang belum dibayar mencapai 1 Miliar rupiah lebih. Riky R

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia