SMKN 1 Buka Pendaftaran Guru RSBI




NATUNA – Untuk memantapkan kualitas mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Ranai, Natuna, pihak sekolah akan membuka pendaftaran calon guru yang siap pakai dan bekerja dengan standard Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI).



“Tujuannya untuk melaksanakan sepenuhnya Rintisan Sekolah Berstandar Internasional melalui Visi Natuna 2020 Kepala. Dan syukur Pemkab melalui Dinas Pendidikan bersama dengan DPRD menyambut baik rencana tersebut,” terang Sekolah SMKN 1, Hamid Asnan, S.Pd, menjawab detikkepri.com, Selasa (22/6) di Ranai.

Dijelaskan, proses pendaftaran rencananya akan dilakukan awal bulan September 2010. Para guru akan diseleksi dan mengikuti tes lisan maupun tulisan guna menjaring kualitas guru mengajar Bidang Edukatif dan Normatif.

Menurutnya, pihak sekolah membutuhkan sekitar 40 guru berkualitas yang siap pakai. Artinya guru yang diterima tidak lagi dalam proses uji coba. Para guru yang diterima terdiri dari 15 orang guru produktif, 5 orang ahli kejuruan dan 20 guru normatif minimal Strata Satu. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan para guru yang diterima berasal dari luar Natuna.

Kata Hamid, para guru nantinya akan diberi fasilitas berupa gaji yang lebih tinggi dari gaji guru rata-rata sekolah biasa. Para guru tersebut akan diasramakan sehingga benar-benar fokus dalam mengajar bidang studinya. Dengan demikian, para guru mampu melahirkan bibit yang berkualitas.

Ditambahkan, untuk memicu RSBI, hasil evaluasi seleksi mampu untuk familiar dengan teknologi informasi, dapat mengakses internet, akrab dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Serta memahami hubungan antara bidang studinya dengan bidang studi lainnya, terutama pada penerapannya dalam kehidupan nyata.

Pada kesempatan itu, Hamid mensyukuri keberhasilan SMKN 1 Natuna yang kembali berprestasi dengan kelulusan 100 persen. Prestasi ini merupakan prestasi ke 3 yang diraih secara berturut-turut.

Hamid juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan kunjungan kerja ke SMU Unggulan di Pekanbaru, Riau. Hasil kunjungan tersebut membuahkan inspirasi untuk menerapkan metode sistim pengajar seperti di SMU Ungulan sehingga dapat memicu para pemerhati dunia pendidikan di Natuna untuk bangkit bersama dalam pencapaian kualitas pendidik.

Sementara itu, Ketua DPRD Natuna, Hadi Candra, S.Sos sangat menyambut baik rencana pematangan kualitas guru pendidik di RSBI.

“Kita rencananya akan mem-Perdakan untuk menjadi bahan acuan dalam memupuk kualitas pendidikan di Natuna,” katanya.

Menurut Hadi, prestasi belajar siswa ditentukan oleh kualitas guru yang mengajar. Apalagi, dalam hal peningkatan mutu pendidikan tentunya tidak akan mencapai hasil yang optimal tanpa guru yang bermutu.

Karena itu, tambah Hadi, profesionalisme guru harus ditegakkan dengan cara pemenuhan syarat-syarat kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru, baik bidang penguasaan keahlian materi keilmuan maupun metodologi. Dan itu merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas.

"Dengan pendidikan yang berkualitas maka salah satu syarat utama untuk mewujudkan kemakmuran dan kemajuan bangsa sudah terpenuhi," tandasnya. Riky R sumber www.Detikkepri.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia