Akte Kelahiran Belum Jadi Syarat Utama PSB




RANAI- Dinas pendidikan Kabupaten Natuna hingga kini belum bisa memberlakukan akta kelahiran sebagai sarat mutlak dalam penerimaan siswa baru (PSB). Pasalnya di daerah ini masih banyak masyarakat yang anaknya belum memiliki akta kelahiran.
" Kita sudah mulai mencoba agar penerimaan siswa baru, siswa diharuskan mencantumkan akta kelahiran, namun sejauh ini persyaratan tersebut masih belum berjalan dengan maksimal, karena masih ada siswa yang belum memiliki surat akta kelahiran," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna Jasman Harun yang ditemui, Rabu (6/7).

Kata Jasman, pihaknya saat ini sudah mulai mensosialisasikan kepada orang tua murid tentang pentingnya memiliki akta kelahiran, selain untuk persyaratan pendaftaran sekolah, akta kelahiran juga penting untuk melamar pekerjaan.

" Perlahan, persyaratan akta kelahiran sudah diterapkan di sekolah TK, SD, SLTP dan SLTA, dan ini akan terus kita sosialisasikan kepada pihak orang tua, supaya anaknya yang baru lahir untuk dibuatkan surat akta kelahiran" katanya.

Jasman juga mengatakan, pihaknya juga akan berencana bekerjasama dengan pihak Dinas kependudukan dan catatan sipil, untuk siswa yang belum memiliki akta kelahiran akan dibantu pendampingan supaya bisa lebih mudah dalam pengurusan akta.

" Kita juga akan upayakan membantu siswa untuk mengurus akta kelahiran di dinas kependudukan dan catatan sipil, jika siswa tersebut memang benar-benar tidak memiliki akta kelahiran" tukasnya.

Ditambahkan dia, untuk siswa yang belum memiliki akta kelahiran rata-rata adalah anak dari pasangan keluarga yang minim pendidikan, sehingga saat melahirkan sang anak, orang tua tidak terpikir untuk membuatkan akta kelahiran.

" Ini biasanya terjadi di pelosok desa, karena dahulu bisa dikatakan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memiliki akta kelahiran masih minim" imbuhnya. (leh)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia