Beberapa Indikasi Sugesti Dikatakan Efektif..





Membahas tentang sugesti dalam hypnosis tidak akan pernah membuat para hypnotist ataupun hypnotherapist merasa bosan. Bagaimana tidak? Sugesti memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan hypnosis. Keberhasilan hypnosis ataupun hypnotherapy juga dipengaruhi dari penggunaan sugesti, itulah sebabnya efektifitas sugesti selalu menjadi pertimbangan utama bagi para hypnotist maupun hypnotherapist.

Sugesti adalah suatu rangkaian kata-kata, kalimat yang disampaikan dengan cara tertentu, dalam situasi tertentu, sehingga dapat memberikan pengaruh bagi mereka yang mendengarnya, sesuai dengan maksud & tujuan sugesti tersebut. Sugesti sama halnya menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain, dan beberapa indikasi sugesti dikatakan efektif apabila :
  • Penerima sugesti tidak menolak sugesti yang diberikan, yang berarti conscious mind dan unconscious mind-nya menyepakati sugesti yang telah diberikan.
  • Sugesti yang diberikan kepada penerima sugesti mempengaruhi persepsi sehingga muncul reaksi terhadap perilakunya.
  • Penerima sugesti dapat mengolah sugesti sesuai dengan nila-nilai yang dimilikinya, sehingga mudah baginya untuk mengimajinasikan sugesti yang diberikan.
  • Sugesti bertransformasi menjadi sebuah value dan membentuk sebuah belief system pada penerima sugesti, sehingga perubahan perilaku yang diharapkan tercapai.
Membuat sugesti menjadi efektif ternyata tidaklah sulit dan serumit yang dikira oleh kebanyakan orang pada umumnya. Ada tiga hal yang dapat diperhatikan dalam sugesti yaitu : cara penyusunan sugesti, cara menyampaikan sugesti dan waktu menyampaikan sugesti.

Cara penyusunan sugesti yang efektif adalah menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan klien/subyek, yang disesuaikan pula dengan frasa yang dipahami oleh klien/subyek. Cara menyampaikan sugesti adalah dengan memperhatikan intonasi dan juga jeda, menyampaikan suatu kata atau kalimat dapat menimbulkan pemaknaan yang berbeda bila disampaikan dengan intonasi yang berbeda, jeda diberikan agar klien/subyek mampu memahami dan menyerap sugesti yang diberikan. 

Sedangkan waktu yang menyampaikan sugesti yang efektif adalah pada saat klien/subyek berada dalam kondisi pikiran yang fokus, sebab akan menjadi hal yang sia-sia bila memberikan sugesti pada saat pikiran tidak berada dalam keadaan fokus.

Sugesti ada baiknya bila dilakukan pengulangan (repetition) agar sugesti lebih mudah tertanam pada pikiran bawah sadar manusia. Dan menggunakan pola bahasa yang lebih permissive juga disarankan agar seseorang tidak merasa “ditekan”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cikunggunya menyerang warga natuna

Turis Kunjungi Sejumlah Wisata Anambas

Avatar yg dapat menguasai ke-4 elemen & membawa 'keseimbangan' dunia